Cara Mudah Upgrade Receiver Matrix Burger S2 HD VERSUS Flashing Matrix Burger S2 K5S via USB to TTL

Tahu Kan.. Receiver Satelit Parabola digunakan untuk memperbaiki tangkapan sinyal televisi di mana terdapat beragam merk receiver beredar di luaran dan salah satu yang terbaik adalah Receiver Matrix Burger S2 HD karena kwalitas gambar yang bagus, cepat juga beragam kelebihan lain, namun Anda tetap harus mengerti cara upgrade receiver agar tidak mati suri dan bootloop.


Musim bola nih, ada nggak ya yang masih suka bad mood sama penerimaan sinyal televisi? Apalagi, sedang seru-serunya. Eh di layar televisi cuman muncul barisan semut yang entah kapan selesainya jalan. Dih, dongkol abis deh! Kalau kejadian kayak gini sih mending keluar uang buat beli receiver, seperti  Receiver Matrix Burger S2 HD. Agar penerimaan sinyal televisi menjadi lebih baik.

Tidak ubahnya sebuah piranti berprogram, receiver parabola ini pun kudu diperbaharui agar performanya semakin bagus. Sebab, proses updrade sendiri bertujuan mengganti firmware receiver dengan versi yang lebih baru atau lebih tinggi. Sehingga, user akan mendapatkan value maksimal dari receiver yang dimilikinya.



Nah, karena dalam proses updgrade ini akan ada perubahan di beberapa hal terkait software sebelumnya, maka disarankan untuk memikirkanya sekali lagi sebelum memutuskan untuk menggantinya dengan yang baru. Karena, kesalahaan fatal dalam sebuah upgrade bisa menyebabkan receiver bootloop dan mati suri. Oleh karena itu, jangan sembarangan kalau mau upgrade. Terutama Receiver Matrix Burger S2 HD yang pada dasarnya sudah memiliki software cukup untuk penggunaan harian. 


Cara Upgrade Receiver Matrix Burger S2 HD

Eits, sebelum memantapkan diri dan benar-benar yakin untuk upgrade receiver, sebaiknya tanyakan kepada diri sendiri dulu. Mau diupgrade ini karena memang udah nggak nyaman memakai semua fiturnya atau hanya karena pengen tahu seberapa maksimal receiver yang digunakan? Sebab, kalau diri sendiri sudah puas dengan software di firmware semula, disarankan jangan melakukan upgrade dari pada receiver berisiko  fatal. Namun, jika firmware semula memang belum maksimal dan belum memuaskan, maka sebaiknya lakukan dengan hati-hati ketika upgrade.

Kalau ngomongin soal kepuasaan terhadapa firmware, Receiver Matrix Burger S2 HD sendiri memiliki banyak keunggulan yang di antaranya adalah respon pergantian chanel antara channel ccam, vuvu atau FTA lebih cepat, tunner bagus, kwalitas gambar jernih, simple bass, vuvu autoroll dapat load dari soft cam, bisa melakukan setting subtitle Indonesia di setiap channel, serta banyak kelebihan lainnya. Namun, kekurangannya pun ada banyak. Di antaranya adalah, belum dapat digunakan untuk support audio AC3, tidak memiliki sambungan LAN, tidak memiliki kabel HDMI, ada beberapa channel yang masih acak sehingga nggak cepat ketika dipilih, dan beberapa kekurangan lainnya. 
So, beneran mau upgrade? Yuk, simak beberapa cara mudah upgrade Receiver Matrix Burger S2 HD berikut ini agar nggak melakukan kesalahan fatal.
  1. Pastikan firmware atau dump file yang akan digunakan untuk mengupgrade adalah firmware yang tepat dan tidak abal-abal.
  2. Simpan firmware atau dump file dalam flashdisk.
  3. Hidupkan Receiver Matrix Burger S2 HD dan pastikan aliran listrik tidak terputus ketika proses upgrade berjalan hingga selesai. Sehingga, untuk berjaga-jaga, sebaiknya gunakan UPS untuk mencadangkan sumber tenaga listrik.
  4. Jika sudah hidup, maka pilih menu dalam  receiver.
  5. Selanjutnya, cari menu peralatan dan pilih OK di remote.
  6. Akan tampil beberapa menu. Perhatikan mode yang ada dalam pilihan. Karena ada ‘mode semua kode’ yang artinya mode ini untuk semua data dari software, key dan channel. Kemudian ada pilihan ‘mode channel only’ yang artinya ini hanya untuk firmware, selanjutnya ada ‘mode software serta channel’ yang artinya mode ini untuk upgrade software serta channel, dan terakhir ada ‘mode key only’ yang berarti untuk memasukkan key saja.
  7. Pilih satu mode yang akan diupgrade.
  8. Cek peningkatan berkas ketika di flashdisk ada banyak pilihan dump file. Lakukan dengan teliti.
  9. Lakukan backup dump file serta channel pretest.
  10. Ketika sudah yakin dan pas, pilih menu mulai dengan menekan tombol OK di remote.
  11. Tunggu proses yang sedang berjalan.
  12. Cek pesan di peningkatan berkas, jika ada laporan berhasil, STB akan mulai dan receiver akan restart.
  13. Ketika receiver berhasil menyala, maka proses upgrade Receiver Matrix Burger S2 HD berhasil.


Yes, receiver sudah upgrade dan siap digunakan untuk menjelajah lebih luas lagi. 
Nah itu dia, beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai cara mudah untuk upgrade Receiver Matrix Burger S2 HD dengan meminimalisir risiko terjadianya mati suri maupun bootloop. Nggak lucu banget kan, kalau receiver yang baik-baik saja menjadi nggak fungsi hanya karna kesalahan proses upgrade maupun keawaman user dalam mengupgrade. Sehingga, tips dan langkah-langkah di atas diharapkan mampu menyelamatkan receiver dari kemungkinan fatal yang mengintai.


Melakukan flashing matrix burger S2 K5S via USB to TTL



Brikut cara mudah elakukan flashing matrix burger S2 K5S via USB to TTL.
Memang sebenarnya sangat mudah asalkan Anda menggunakan peralatan dan software yang sesuai juga mengikuti langkah-langkahnya secara tepat.

Pada dasarnya, ada beragam cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan tindakan flashing receiver parabola. Salah satunya cara gampangnya adalah dengan menggunakan USB to TTL yang dihubungkan langsung ke komputer dari receiver. Cara ini biasanya dilakukan pada saat receiver dalam keadaan mode on atau biasa dijuluki mata merah yang diakibatkan oleh kegagalan saat proses upgrade.
Umumnya gagal upgrade ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya kesalahan penggunaan firmware atau gangguan seperti listrik mati saat proses upgrade berjalan. 

Tutorial yang akan kami bahas ini cukup gampang dilakukan selama peralatan dan software yang digunakan sudah sesuai. Karena ketidaksesuaian alat bisa menyebabkan proses flashing akan berhenti dan stuck hanya pada beberapa tahapan saja. Ini dibuktikan dengan beberaoa kasus di mana sering ditemui load data USB error dan pengguna telah men-format flashdisk dari format FAT lalu FAT32 namun tidak membuahkan hasil.

Dan ternyata masalahnya terletak bukan pada flashdisk melainkan pada perangkat USB to TTL yang digunakan di mana USB to TTL yang digunakan berwarna biru dengan driver PL2303 Prolitfic. Sementara USB to TTL yang sesuai adalah yang berwarna hitam dengan driver jenis CH341 dan langsung berhasil saat digunakan. Jadi, jika Anda mengalami kendala yang sama nanti, cobalah ganti jenis USB to TTL Anda ke jenis lainnya yang sekiranya sesuai.

Cara Flashing Matrix Burger S2 K5S via USB to TTL

Hal berikutnya yang perlu Anda tahu adalah urutan pin yang terletak pada USB to TTL yang ada pada receiver. Jenis pin yang digunakan adalah 3 pin dengan skema RX – TX, Tx – Rx, dan GND – GND di mana pin VCC tidak digunakan sama sekali.

Anda bisa melanjutkan dengan mencolok USB to TTL ke port USB pada komputer dan ujung USB to TTL lainnya dicolokkan pada port receiver dengan skema yang sudah kami cantumkan di atas tetapi pastikan driver terinstall dengan baik yang ditandai oleh perangkat devices yang ada di sekitarnya.

Langkah selanjutnya adalah Anda harus mengunggah Matrix Burger S2 AVS K5S pada situs resminya kemudian ubah namanya menjadi satelitmanias.bin dan copy ke flashdisk pribadi dari mana setelah itu silakan unggah lagi sebuah tool ata software KS5_V5_upg-tool extract lalu jalankan aplikasi ini denganc cara mengeksekusi file winSTBUpgrader.exe. Kemudian pilihlah port yang akan Anda pakai, klik pilihan “Open” dan lanjut ke “Download” lalu arahkan file kd_ddr_4M.xml yang terdapat pada folder software tersebut.

Jika sudah, selanjutnya Anda dipersilakan menekan tombol “start” dan sebagai langkah terakhirnya adalah nyalakan receiver dengan menekan saklar pada bagian belakangnya. Proses flashing yang Anda harapkan pun sedang berjalan dan silakan menunggu dengan sabar. Ketika proses upgrade ini selesai, receiver akan melakukan restart secara otomatis di mana hasilnya receiver Anda akan kembali normal.

Nah, agar Anda tidak bingung, berikut ini kami rangkum langkah-langkah flashing matrix burger S2 K5S via USB to TTL secara berurutan agar mudah diikuti,
  1. Pertama, copy bin file ke flashdisk terlebih dahulu dan ganti namanya menjadi “satelitmania.bin”
  2. Kedua, silakan colok flashdisk ke receiver matrix burger S2 K5S
  3. Sambungkan receiver ke komputer dengan menggunakan kabel USB to TTL
  4. Pilih aplikasi “WinSTBUpgrader.exe” yang ada pada komputer dan jalankan
  5. Selanjutnya, pilih serial port dan klik “open”
  6. Lanjutkan dengan klik pilihan “download”, lalu pilih file config “k5-ddr-4M.xml”
  7. Pilih opsi “start”
  8. Langkah terakhir, silakan nyalakan receiver Anda dengan menekan saklar bagian belakangnya dan tunggulah hingga proses upgrade receiver selesai. Setelah upgrade selesai, maka receiver akan restart secara otomatis dan selamat, receiver Anda akan kembali normal.


Catatan kecil :


Langkah mudah di atas dilakukan pada receiver TANAKA T22 Jurassic AVS K5s dan resiko yang diakibatkan panduan di atas sepenuhnya menjadi tanggung jawab masing-masing.