CARA GILA Menggabungkan Apstar 6, Palapa D dan Telkom 3S Dalam 1 Antena

CARA GILA menggabungkan Apstar 6, Palapa D dan Telkom 3S dalam 1 antena untuk menampilkan seluruh jaringan TV termasuk liga sepakbola dunia.


Untuk mendapatkan jaringan televisi yang lengkap dan jernih, penggunaan salah satu media seperti Palapa, Telkom 3S ataupun Apstar 6 saja sering kali tidak cukup. Oleh karena itu Anda memerlukan gabungan antara Apstar 6, Palapa D, dan Tekom 3S dalam 1 antena sehingga mampu memberikan layanan yang lengkap dan jernih.



Tak hanya itu, dengan menggabungkan ketiga media tersebut And apun tak harus melakukan tracking manual lagi ketika ingin lock satelit apstar 6. Namun chanel seperti MYTV, CTN, dan CNC TV yang banyak menyiarkan live liga-liga sepakbola eropa termasuk piala dunia 2018 tetap bisa disaksikan.

Namun bagaimanakah melakukan gabungan antara Apstar 6, Palapa D, dan Tekom 3S dalam 1 antena? Berikut panduan lengkapnya untukm Anda.

  • Parabola sudah terpointing pada satelit Telkom 3S dan Palapa 6, disini buatkan Telkom 3S sebagai titik fokusnya.
  • Siapkan bracket tambahan unuk Inb yang nantinya digunakan untuk satelit Apstar 6.
  • Pasanglah bracket serta Ibn sejajar dan lurus mengikuti arah Inb Telkom 3S dan Palapa D.
  • Pastikan jika dari dari Inb Telkom 3S ke Apstar 6 dari tenga Lnb hanya 32 cm, dan jarak dari tepi Lnb 25cm (digunakan untuk parabola ukuran 7 feet).
  • Sedangkan untuk parabola dengan ukuran di atas 7 feet, jarak antara Lnb cukup ditambah 1cm hingga 2cm setiap feet parabola.
  • Seluruh Lnb (Telkom 3S, Palapa D, dan Apstar 6 kemudian digabung dengan Siaeq 4x1. Penggunaan nmer port Diseq sendiri bisa diatur sesuai pengaturannya saja atau sesuai selera Anda.
  • Masukkan frequency terkuat pada Apstar 6 C Band yaitu dengan kode 4052/H/9628.
  • Selanjutnya kembalikan posisi parabola pada posisi awal sembari pantai kembali kekuatan sinyal apstar 6 yang muncul.
  • Apabila parabola sudah dikembalikan pada posisi awal Kom-Pal, akan tetapi sinyal Apstar 6 tidak juga muncul, maka ada dua kemungkinan penyebabnya, yaitu :

Jarak Lnb Apstar 6 serta Telkom 3S belum pas, maka cobalah tracking manual dengan Lnb Apstar 6 hingga sinyal muncul meski posisi awal parabola berubah.
Apabila sudah tracing manual dengan memainkan kemiringan parabola namun sinyal masih belum terdeteksi, berarti posisi Lnb belum pas atau lintasan. Cobalah putar atau atur tiang focus Lnb kekanan atau kekiri.
Mudah bukan membuat gabungan antara Apstar 6, Palapa D, dan Tekom 3S dalam 1 antena untuk menampilkan seluruh jaringan TV tanpa harus menonaktifkan salah satunya? Selain mengikuti cara di atas, Anda juga harus memperhatikan 2 tips berikut.
  1. Apabila sinyal Apstar 6 telah muncul namun teah melewati posisi awal Kom-Pal berarti jarak Lnb harus ditambah.
  2. Apabila sinyal Apstar 6 telah dilock namun belum pas (sebelum) posisi awal Kom-Pal (Telkom 3S dan Palapa D) berarti jarak antara Lnb harus dikurangi.

Selamat mencoba.